ILMUWAN TEMUKAN “KAKTUS BERJALAN”

Hewan air ini diperkirakan sebagai kerabat dari nenek moyang arthropoda.
Oleh: Indra Darmawan

Kaktus berjalan (Discovery News)
VIVAnews – Mahluk ini bukanlah tanaman, melainkan seekor hewan. Tak punya mata, atau bahkan mungkin tak punya kepala, dengan kaki yang mirip ranting berkulit keras dipenuhi oleh duri.

Fosil hewan berkaki 20 itu ditemukan di sebelah barat daya China oleh ilmuwan dari Northwest University Xi’an China bernama Jianni Liu.

Karena mirip dengan tanaman kaktus, maka mahluk ini dinamakan sebagai ‘kaktus berjalan’.

Menurut Liu, hewan yang diberi nama Diania cactiformis itu hidup sekitar 520 juta tahun silam, di sepanjang dasar perairan dangkal.

Secara taksonomi, Liu mengatakan bahwa hewan ini masuk dalam grup Lobopodian, yakni cacing dengan kaki-kaki.

Kaktus air ini diperkirakan sebagai kerabat dari nenek moyang arthropoda. “Pentingnya temuan ini adalah karena arthropoda dalam terminologi spesies, adalah grup yang paling sukses di bumi,” kata Liu, dikutip dari Discovery News.

Reconstruction of Diania cactiformis.

Rahasia kesuksesan mereka, Liu menambahkan, adalah kaki mereka. Organ itu berevolusi menjadi berbagai jenis bentuk, seperti membentuk cakar, insang, kaki kayuh, atau  kaki peluncur untuk melompat.

Menurut Jan Bergstrom dari Swedish Museum of Natural History Stockholm, hewan ini memang bukan nenek moyang langsung daripada arthropoda. Namunm ia mengisi kekosongan yang ada pada mosaik evolusi. (umi)

Dan, wahai saudaraku, apakah ilmu dan berita ini tidak menambah keimanan kalian? Sudah sepatutnyalah kita semakin merasa lemah dan bodoh, terlalu banyak hal yang tidak kita ketahui dari “Rahasia Allah” yang atas izin-Nya dimunculkan satu pesatu. Tak ada yang bisa membuat kita menjadi orang yang sombong di muka bumi ini.

 

• VIVAnews

(abudzakira)

1 Komentar (+add yours?)

  1. Asimun Mas'ud
    Mar 20, 2011 @ 03:25:29

    Subhanalloh, begitu besar dan dahsyatnya kekuasaan Alloh Subhanahu Wa Ta’alaa, smg dgn itu semua mampu meningkatkan keimanan n ketawadhu’an kita dlm kehidupan ini. Amin

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: