“IRON DOME” PERISAI ANDALAN ISRAEL

Akhirnya “Iron Dome” Digunakan Israel Untuk Lawan Roket Pejuang Palestina

Israel untuk pertama kalinya mulai menggunakan sistem pertahanan anti roket “IronDome” pada hari Jumat kemarin (25/3) untuk membela masyarakat Israel di selatan dari serangan yang dilakukan oleh pejuang di Gaza setelah serangan berdarah pada terhadap warga Palestina.

sistem Iron Dome (Kubah Besi) milik Israel yang dipersiapkan untuk “melindungi” Israel dari tembakan roket Qassam

Tidak ada serangan roket pada hari Jumat kemarin ketika Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengunjungi tentara di sebuah pangkalan militer di dekat perbatasan Gaza dan mengumumkan sistem baru telah mulai digunakan.

“Kami tidak akan membiarkan teror roket mencapai kota-kota kami. Jika penembakan itu berlanjut, kami akan merespon sesuai kebutuhan,” kata Barak kepada wartawan. Ia mengatakan ia telah menyetujui pengerahan Iron Dome sebagai “eksperimen operasional.” Ia mengatakan ini adalah baterai pertama dan bahwa hal itu akan membutuhkan waktu bertahun-tahun agar Israel sepenuhnya dilengkapi dengan sistem yang akan melindungi seluruh area.

Dia mengatakan Israel tidak ingin melihat adanya eskalasi kekerasan minggu ini.

Israel mengembangkan sistem Iron Dome untuk melindungi warga sipil dari ribuan roket yang ditembakkan selama bertahun-tahun dari pejuang Palestina di sebelah selatan dan Hizbullah di Libanon utara.

Pejuang Palestina telah menembakkan roket ke Israel selama hampir satu dekade dan Hizbullah menghujani Israel utara dengan lebih dari 4.000 roket dalam perang 2006.

Jutaan warga sipil Israel dalam jangkauan roket para pejuang.

Sistem Iron Dome menggunakan kamera dan radar untuk melacak roket yang masuk dan menembak jatuh roket dalam beberapa detik peluncuran mereka. Sistem ini dikembangkan dengan biaya lebih dari 200 juta dolar.

Militer Israel mengatakan Iron Dome akan beroperasi dalam beberapa hari tapi tidak akan rumit menggunakannya. Sistem akan merupakan bagian dari jawaban atas ancaman serangan roket di masyrakat Israel di selatan,” kata militer.

sistem perlindungan Iron Dome tidak akan mampu langsung menghadapi roket-roket yang ditembakkan oleh Hamas, namun berselang 25 hingga 30 detik sesudah roket diluncurkan, dan roket yang peroide terbangnya kurang dari itu tidak akan dapat diantisipasi.

Pada permulaan tahun 2008, sejak semula para menteri kabinet pemerintahan telah mendapatkan informasi dengan jelas dari pihak pengembang Iron Dome, yang menyebutkan bahwa sistem tersebut tidak akan mampu melindungi komunitas Yahudi ilegal yang mengelilingi Gaza dari tembakan roket di wilayah pantai.

Kekerasan di sepanjang perbatasan Gaza telah meningkat selama beberapa minggu terakhir.(fq/ap)

(abu dzakir/ sumber: eramuslim & suara media )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: