KETUA YAHUDI SYIRIA AKUI KEJAHATAN DI NEW YORK

NEW YORK (Berita SuaraMedia) – Rabbi Saul Kassin, seorang pemimpin spiritual ternama di komunitas Yahudi Syiria di Brooklyn, mengakui kejahatannya. Kassin mengaku telah menggunakan yayasan amal keagamaan untuk praktik pencucian uang.

 

 

 

 

 

 

 

Rabbi Saul J. Kassin, pemimpin spiritual dari komunitas Yahudi Syiria di New York, adalah satu dari 46 orang yang ditangkap karena keterlibatan dalam jaringan korupsi internasional dan trafficking berbagai jenis benda, mulai dari tas tangan aspal bermerek hingga organ dalam manusia.

Kassin, rabbi kepala Jemaat Shaare Zion di Brooklyn, mengaku bersalah terhadap satu tuduhan pengiriman uang ilegal dan setuju membayar denda kepada pemerintah.

Kassin, yang memberikan pernyataan di pengadilan federal di Trenton, dituntut di New Jersey karena transaksi yang dilakukan mengambil tempat di Deal, sebuah kota di Distrik Monmouth yang merupakan tempat singgah musim panas populer di kalangan Yahudi Syiria.

Kassin, 89, ditangkap pada Juli 2009. Rabbi itu merupakan bagian dari sekelompok pengusaha, pejabat, dan anggota ternama komunitas Yahudi New York berjumlah 44 orang yang dicurigai melakukan kejahatan pencucian uang dan transaksi keuangan ilegal.

Jaringan kriminal tersebut terungkap setelah investigasi korupsi luas yang dimulai dari penyelidikan terhadap jaringan pencucian uang internasional yang juga menyelundupkan berbagai jenis benda seperti organ manusia dan tas tangan aspal bermerek.

Kasus-kasus korupsi dan pencucian uang  tersebut saling terhubung berkat keterangan seorang saksi yang bekerja sama dengan polisi selama tiga tahun.

Kassin beroperasi dalam sebuah jaringan yang diduga kuat telah mencuci uang puluhan juta dolar melalui berbagai yayasan amal yang dikendalikan para rabbi di New York dan New Jersey, termasuk dana sekitar $3 juta yang diberikan kepada mereka oleh sang saksi dalam dua tahun yang lalu. Dugaan pelanggaran yang dituduhkan berkisar dari penyelundupan ginjal dari para donor Israel hingga pencucian uang dari penjualan tas-tas Gucci dan Prada palsu.

Kasus tersebut membuat malu komunitas veteran Syiria Brooklyn yang amat disegani dan berperan aktif dalam dunia Yahudi. Banyak anggotanya dianggap makmur.

Kassin, seorang pria tua berjanggut putih panjang, dibawa di hadapan seorang hakim federal di Trenton, New Jersey. Di sana, ia mengakui semua tuduhan yang diarahkan terhadap dirinya.

Pengakuan pemimpin spiritual tersebut merupakan bagian dari kesepakatan plea bargain, yakni terdakwa mengakui kesalahan atas penawaran jaksa agar mendapatkan hukuman yang lebih ringan.

Seperti dilansir media setempat, dengan mengakui kesalahannya, Kassin tidak perlu menjalani hukuman penjara.

Kassin diharuskan membayar denda seperempat juta dolar, dan uang 367 ribu dolar yang ditemukan pada dirinya saat ditangkap akan disita.

Hanya sebagian kecil dari para penjahat yang ditangkap tersebut yang mengakui perbuatan jahat mereka.

Saat pertama terungkap, warga setempat merasa terkejut hingga tidak percaya. “Terkejut dan tidak percaya, telepon seluler, telepon kantor saya berdering,” kata Dov Hikind, anggota legislatif dari Brooklyn, yang mewakili komunitas Yahudi Ortodoks di dekat kawasan hunian di selatan Brooklyn yang menjadi rumah dari sekitar 75.000 Yahudi Sephardic. “Orang-orang tidak memercayainya.”

Para rabbi menggunakan yayasan amal untuk mencuci uang sekitar $3 juta, kemudian mengembalikan uang kepada donatur dengan imbalan potongan 5 hingga 10 persen.

Tapi, sang donatur ternyata adalah informan FBI, Solomon Dwek, sama seperti para rabbi, merupakan seorang Yahudi Sephardic keturunan Syiria. (dn/hz/nt)

(abu dzakir dari www.suaramedia.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: