PIRANHA RAKSASA DI AFRIKA?

Benarkah Ditemukan Piranha Raksasa di Afrika?

Well, kesalahpahaman rupanya tidak hanya terjadi didunia manusia, tapi didunia kingdom animalia pun hewan juga kerap kali di-salah fahamkan dalam membentuk suatu kesimpulan pasti. Salah satu kasusnya adalah piranha raksasa dari Afrika.

Adalah seorang Jeremy Wade, lelaki dengan fotonya bersama ikan yang cantik jelita itu. Jeremy Wade adalah “host” Animal Planet River Monster. Tapi River Monster yang dimaksud Animal Planet bukan Cryptid, lho. Melainkan ikan-ikan yang berwajah tak umum dan berukuran besar serta karnivora. Dengan kata lain, ikan karnivora berukuran besar.

Jeremy Wade
Bukan Jeremy Wade
Tertangkap
Pria brusia 52 tahun itu berhasil menangkap ikan sepanjang 5 kaki dengan berat tubuh ikan sebesar empat puluh lima kilogram. Ikan yang berhasil ditangkap di Congo, Africa, tersebut memiliki 32 gigi. Ukuran gigi-giginya hampir setara dengan ukuran Great White Shark (Hiu Putih).
Gigi yang paling besar (kiri) adalah gigi hiu Megalodon, sementara gigi Great White Shark adalah yang dua itu (kanan)
Deretan gigi dari ikan yang ditangkap oleh Jeremy Wade
Jeremy Wade dengan “monster” yang ditangkapnya di Afrika
Sebelum ikan tersebut ditangkap Jeremy, terdapat laporan bahwa makhluk tersebut telah menyerang manusia. Tidak hanya itu. Dilaporkan pula bahwa ikan tersebut mampu memangsa buaya.
Tapi yang jadi perntanyaaan adalah, apakah ikan tersebut adalah benar-benar piranha raksasa?
Jawabanya, tentu saja jelas bukan!
Ikan mengerikan yang ditangkap dan difoto Jeremy Wade tersebut “bukan piranha” yang kita kenal lalu menjadi besar. Tapi spesies lain yang disebut Goliath Tigerfish.
Goliath Tigerfish adalah jenis “tigerfish” yang berukuran besar. Goliath tigerfish disebut juga dengan Hydrocynus goliath atau Mbenga.
Dilihat dari perbandingan giginya, jelas sekali kalau ikan ini bukanlah piranha. Gigi piranha berdempet dan lebar namun pendek, sedangkan Goliath tigerfish memiliki renggang diantara giginya dan giginya pun panjang.
Piranha
Goliath tigerfish (1)
Goliath tigerfish (2)
Nah, sudah terlihat jelaskan bedanya.
Banyaknya situs web yang menuliskan bahwa ikan ini adalah piranha raksasa Afrika sangat membuat informasi sebenarnya menjadi rancu. Saya malah berpendapat begini,
“Sebenarnya ikan tersebut bukanlah piranha, karena jelas-jelas berbeda dengan piranha, walaupun ada pada satu ordo yaitu Charcariformes. Ikan tersebut lebih condong “dijuluki piranha” daripada “disebut piranha”. Mungkin dianggap sebagai piranha karena hidupnya di sungai, dan merupakan pemangsa yang  ganas. Sama seperti ikan piranha pada umumnya.”
Apakah sedikit bingung dengan pendapat saya?
Untuk lebih mudahnya, saya berikan satu fakta utamanya:
“Bahwa di Afrika tidak ada piranha”
(Abu Dzakir dari http://phenomenaaroundus.blogspot.com )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: